Jangan Biarkan Setan Menertawakanmu


Dunia Islam-Perkara yang dianggap sepele, yang sudah menjadi kebiasaan kebanyakan orang, padahal merupakan sebuah kekeliruan yang perlu diluruskan, adalah bersuara ketika menguap.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْعُطَاسَ وَيَكْرَهُ التَّثَاؤُبَ فَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللَّهَ فَحَقٌّ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ سَمِعَهُ أَنْ يُشَمِّتَهُ وَأَمَّا التَّثَاؤُبُ فَإِنَّمَا هُوَ مِنْ الشَّيْطَانِ فَلْيَرُدَّهُ مَا اسْتَطَاعَ فَإِذَا قَالَ هَا ضَحِكَ مِنْهُ الشَّيْطَانُ

"Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap. Karenanya apabila salah seorang dari kalian bersin hendaklah dia memuji Allah, dan kewajiban atas setiap muslim yang mendengarnya untuk mentasymitnya (mengucapkan yarhamukallah). Adapun menguap, maka dia tidaklah datang kecuali dari setan. Karenanya hendaklah menahan menguap semampunya. Jika dia sampai mengucapkan ‘haaah’, maka setan akan menertawainya." (HR. Bukhari No. 5755 - Shahih)

Jadi sahabat, ketika kita ingin menguap hendaknya menahan semampunya, bila tidak mampu maka menutup mulut dengan tangan dan menahan suara ketika menguap.

Jangan biarkan diri kita menguap dengan bebasnya hingga bersuara sehingga membuat musuh kita (yaitu setan) merasa bahagia.

Related Posts:

0 Response to "Jangan Biarkan Setan Menertawakanmu"

Post a Comment